BerandaPerguruan tinggiIngin Kuliah di Turki Perhatikan Beberapa Hal Penting Ini

Ingin Kuliah di Turki Perhatikan Beberapa Hal Penting Ini

Pendidik.id – Melanjutkan pendidikan keluar negeri memang jadi pilihan terbaik untuk Anda seandainya punya kelebihan materi. Terdapat banyak sekali ilmu dan pengalaman yang bisa pelajar dapatkan di negeri orang. Ada banyak opsi negara untuk menuntut ilmu, salah satunya adalah kuliah di Turki.

Ingin Kuliah di Turki Perhatikan Beberapa Hal Penting Ini

 

Inilah Syarat Harus Dilengkapi untuk Kuliah di Turki

Melengkapi persyaratan merupakan hal utama yang harus Anda kerjakan sebelum berangkat kuliah ke negeri orang. Mengingat perjalanan ini melintasi antar negara tentu dokumen dan syaratnya berbeda dengan berkuliah di tanah air. Berikut adalah beberapa syarat dokumen untuk kuliah di Turki :

1. Melengkapi Data Pribadi

Biodata merupakan data paling penting untuk melakukan pendaftaran apapun termasuk berkuliah. Baik di luar negeri maupun tanah air, tentunya melengkapi syarat biodata jadi syarat utama. Data pribadi bisa berupa nama lengkap, tempat tanggal lahir, asal sekolah, sampai dengan nomor paspor.

Sebagai calon mahasiswa yang akan berkuliah di negeri orang terdapat beberapa data tambahan harus Anda miliki. Salah satunya paspor dan visa. Pastikan melengkapi data diri ini sesuai dengan informasi secara benar dan tepat.

Baca juga : Sebelum Ambil Kuliah Managemen Perhatikan Hal Penting Ini Dahulu

2. Membuat Paspor

Paspor merupakan sebuah dokumen wajib ketika hendak berkuliah di turki. Ketika mendaftar di salah satu perguruan tinggi Turki, terdapat sebuah kolom form nomor paspor. Tentunya kehadiran kolom ini khusus untuk para pelajar dari mancanegara.

Untuk Anda yang belum memiliki paspor pastikan sudah membuatnya terlebih dahulu. Jangan lupa memperhatikan tanggal berakhirnya paspor bila sudah memilikinya. Apabila masa berlaku sudah habis tentu pihak kampus tidak akan menerima dokumen tersebut.

 

3. Pas Foto

Pas foto merupakan elemen yang selalu hadir ketika seseorang melakukan pendaftar baik melamar kerja ataupun kuliah. Kebanyakan perguruan tinggi luar negeri menerapkan syarat ukuran foto berukuran 4 x 6 cm.

Kemudian untuk pakaian dalam foto tentu saja harus formal, rapi, dan juga sopan. Untuk background foto sendiri bisa berwarna putih. Pastikan untuk membuat pas foto sesuai dengan ketentuan berlaku agar dokumen Anda pihak kampus terima.

 

4. Menyiapkan Ijazah Terakhir dan Transkip Nilai

Untuk calon mahasiswa yang ingin mengambil pendidikan S1 di Turki, maka sangat penting untuk menyiapkan ijazah SMA atau sederajat. Apabila dokumen ini belum pihak sekolah keluarkan dapat meminta sebuah SKL atau surat keterangan lulus.

Kemudian dokumen yang tidak kalah pentingnya harus Anda lampirkan adalah transkip nilai. Ini merupakan rangkuman nilai dari seorang siswa ketika mengikuti pelajaran. Pastikan untuk melampirkan transkrip nilai ini juga.

Baca juga : Rekomendasi Beberapa Outfit Kuliah Pria Wanita yang lagi Trend

Mengenal 3 Indikator Penilaian dari Perguruan Turki

Setiap perguruan tinggi tentunya memiliki syarat dan ketentuannya sendiri dalam menyeleksi calon mahasiswa barunya. Hampir semua kampus di Turki menerapkan sistem ujian yang cukup sama dengan negara lainnya. Berikut 3 Indikator Penilaian dari Universitas di Turki :

1. Indikator Nilai YÖS

YÖSmerupakan istilah dalam bahasa Turki yang merujuk pada aktivitas tes ujian masuk perguruan tinggi. Hampir semua Universitas di Turki melakukan kegiatan ini sama halnya dengan kampus pada umumnya di tanah air.

Untuk bisa mendapatkan gelar sebagai mahasiswa di Turki tentunya Anda harus mengikut ujian atau seleksi ini. Umumnya minimal nilai untuk mendaftar YÖS ini adalah 50/100. Usahakan mendapatkan nilai tersebut agar punya kesempatan berkuliah.

 

2. Indikator Nilai SAT

Scholastic Aptitude Test atau SAT merupakan standarisasi penting yang pihak kampus gunakan dalam menyeleksi nilai calon mahasiswa barunya. Nilai SAT punya peran sebagai tolak ukur apakah seorang layak berkuliah di Universitas tersebut atau tidak.

Hampir semua Universitas di Turki menerapkan standarisasi ini karena memang melihat potensi nilai calon mahasiswa merupakan hal penting. Pihak kampus dapat menilai secara singkat kemampuan seseorang dari data nilai ini.

https://images7.content-hci.com/commimg/myhotcourses/blog-inline/myhc_64462.jpg

3. Indikator Nilai Rata Rata Ijazah

Apabila Anda tidak memiliki nilai ujian YOS ataupun SAT, bisa langsung melampirkan nilai rata rata ijazah. Nilai ini akan jadi tolak ukur pihak kampus dalam menilai kemampuan dan potensi seseorang dalam mengikuti perkuliahan di jurusan yang sesuai.

Biasanya nilai rata rata ijazah haru berada di kisaran 70/100. Untuk menjadi mahasiswa di Turki pastikan Anda memiliki nilai dengan rata rata seperti itu. Ini akan jadi bekal bagus ketika memasukan atau mengirimkan dokumen ke perguruan Turki.

Baca juga : Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah Ingin Bekerja

Beberapa Hal Penting perlu Diketahui ketika Berkuliah di Turki

Sebelum berangkat dan memutuskan untuk berkuliah di negeri Turki, pastikan untuk mengenali negara tersebut secara baik. Persiapkan beberapa hal penting agar proses perjalan berjalan lancar. Berikut adalah hal penting perlu Anda perhatikan sebelum berangkat ke Turki :

1. Menentukan Jalur Pendidikan

Terdapat dua opsi yang bisa Anda pilih ketika menuntut ilmu di perguruan tinggi luar negeri yaitu, jalur mandiri dan beasiswa. Mendengar istilah ini mungkin sudah terbayangkan bila tentunya perbedaan terbesar dari keduanya adalah aspek biaya dan akomodasi.

Apabila Anda masuk sebagai mahasiswa dengan jalur beasiswa, tentunya terdapat keringan dari aspek biaya mulai pembayaran administratif kampus sampai akomodasi sehari hari. Untuk yang jalur mandiri setidaknya harus menyiapkan dan lebih.

2. Memilih Universitas dengan Tepat

Sekarang mencari informasi tidak sulit, semua tersedia secara mudah di Internet. Sebelum berangkat ke Turki hendaknya mencari dahulu perihal beberapa Universitas di sana. Lakukan reset kicil untuk membandingkan antara kampus satu dan lainnya.

Ketika melakukan riset ini pastikan juga untuk Anda memperhatikan beberapa elemen seperti ketersedian beasiswa mahasiswa mancanegara, cara mendaftarnya, syarat, sampai dengan standarisasi nilainya. Semua elemen ini harus calon mahasiswa ketahui terlebih dahulu.

3. Berkonsultasi dengan yang Berpengalaman

Ketertarikan Anda berkuliah di Turki tentunya bukan hal baru, terdapat beberapa orang yang sudah melakukan aktivitas ini sebelumnya. Menanyakan pengalaman seseorang pernah berkuliah di sana tentu menjadi bekal luar biasa sebelum berangkat.

Mempelajari budaya negeri turki dari orang yang pernah berkuliah di sana menjadi salah satu ilmu penting. Maka dari itu, jangan sampai Anda melupakan aspek ini sebelum berangkat ke Turki. Pastikan sudah tahu sedikit banyaknya budaya masyarakat di sana.

Baca juga : Panduan Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2023: Persiapan dan Informasi Penting

4. Mengikuti Lembaga Pembinaan

Apabila Anda sudah memutuskan dengan tekad yang bulat berkuliah di Turki, alangkah baiknya bila mengikuti kelas di lembaga pembinaan. Ini merupakan sebuah wadah yang umumnya akan memberikan semua informasi mengenai negara tujuan calon mahasiswa.

Pilihlah sebuah lembaga pembinaan kuliah ke Turki terpercaya. Di dalam lembaga ini Anda akan mendapatkan semua informasi mulai dari cara hidup di sana, belajar bahasa, budaya, sampai dengan beberapa tips jitu sukses serta berhasil ketika menuntut ilmu di Turki.

Demikian informasi mengenai kuliah di Turki. Mengenal beberapa elemen seperti syarat dan persiapan sebelum berangkat menuntut ilmu ke negeri orang sangatlah penting. Calon mahasiswa bisa mempersiapkan diri matang mengetahui hal ini.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular